7 Alasan Kenapa Kamu Harus Bangga Jadi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin

Ilustrasi


Halo, siapa yang jadi mahasiswa Fakultas Ushuluddin? Stigma yang melekat bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin selalu enggak bagus. Fakultas ini menjadi fakultas yang berada di nomor terbelakang dari fakultas-fakultas di perguruan tinggi Islam, atau lebih jelasnya jadi fakultas yang enggak diminati.

Namun karena stigma itu, kita jangan menjadi minder dan putus asa. Tentu kita punya kelebihan dibanding mereka, berikut beberapa alasan kita harus bangga jadi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin:

1. Fakultas Ushuluddin adalah nyawa bagi islamic studies di Indonesia

Alasan pertama kenapa kita harus bangga menjadi mahasiswa Fakultas Ushuluddin adalah fakultas ini sebagai basis identitas dan landasan pengembangan keilmuan di STAIN, IAIN, dan UIN. Jadi pusatnya study tentang keagamaan khususnya Islam.

2. Bebas berpikir namun tidak 'radikal'

Di fakultas ini kita akan diberikan kesempatan untuk berpikir seluas-luasnya, hingga sampai bisa ketemu mana jalannya. Namun karena bebas berpikir itu tidak harus membuat kita radikal, karena kita masih tetap berpegang teguh pada aqidah kita.

3. Terbuka pada siapapun

Karena diberikan kebebasan berekspresi dan berpikir tidak jarang akan menjadikan kita banyak berdiskusi. Nah dari kegiatan diskusi inilah kita menjadi terbuka menerima argumen-argumen teman. Sehingga kita mudah bergaul dan tidak pilih-pilih teman.

4. Bebas memilih pekerjaan

Kita bisa bebas memilih pekerjaan sesuai keinginan kita, misalnya bisa benar-benar konsen di bidang kelimuan Ushuluddin atau bisa bekerja di objek lain. Nah, meskipun bekerja bukan dibidang kelimuan Islam, kita masih bisa memakai ilmunya untuk kegiatan beribadah. Sungguh mulianya.

5. Peluang jadi Dosen lebih besar

Karena dituntut untuk berpikir dan berdiskusi akan membuat kita menjadi banyak pengetahuan. Sehingga dari sini akan terasah karakter pemikiran kita, sehingga kita masih selalu haus akan ilmu pengetahuan. Nah, dari sinilah kita akan terpacu untuk lanjut S2 atau S3, sehingga peluang jadi dosen menjadi lebih baik.

6. Segalanya adalah ibadah

Di sini, kita biasanya akan diminta untuk belajar tentang ke Islaman, jadi insaallah apa yang kita lakukan akan jadi ibadah kita juga. Jadi ibarat belajar sambil beribadah kepada Allah SWT.

7. Insaallah akan ada keberkahan kelak nanti

Yang terakhir inilah poin intinya. Ketika kita menjadi mahasiswa di fakultas ini kita tidak perlu minder dan putus asa, niatkanlah dulu untuk belajar dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Nah insaallah, ketika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, Allah pasti akan menunjukan jalannya (berkahnya). Wallahu a'lam

No comments

Post a Comment

Home