Bantir Hills, Wisata Gardu Pandang yang Paling Ngehits di Semarang

Salah satu spot keren di Bantir Hills

Wisata gardu pandang kini tengah menjadi hits di kalangan generasi muda, tidak terkecuali wisata gardu pandang Bantir Hills di Dukuh Bantir Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Bantir Hills menjadi sangat populer di Semarang, tidak kurang setiap harinya 1.500 wisatawan pun datang silih berganti. Belum lagi ketika akhir pekan tiba, lebih dari 5000 hingga 10.000 pengunjung pun memenuhi objek wisata ini.

Salah satu pengelola objek wisata, Hadi, mengatakan puncak pengunjung tertinggi terjadi pada hari-hari libur. Ia pun mengaku dengan banyaknya pengunjung menjadikan pengelola sempat merasa kewalahan. "Puncak terbanyak hingga saat ini terjadi pada waktu hari raya nyepi kemarin. Pengunjung yang datang sampai 12.000 orang lebih," ujar Hadi, ketika ditemui kru Losari Online, Kamis, (14/04/17).

Karena rasa penasaran yang tinggi, kru Losari Online akhirnya memutuskan untuk menjajal  objek wisata ini. Kami pun berangkat dan mengajak salah seorang anak-anak dari desa setempat untuk menjadi tour guide. Setelah sampai di Dukuh Bantir, yang menjadi  tempat transit masuk objek wisata, kami lantas memarkirkan sepeda motor, untuk satu kendaraannya pengunjung hanya dikenai biaya Rp 2.000 rupiah.

Ketika kami mulai berjalan menuju puncak, senyum dari warga yang kebetulan berpapasan dan hawa sejuk yang ada seakan-akan menyambut kedatangan kami. Masyarakat terlihat begitu ramah, yang menjadikan kami merasa bagai berada di desa sendiri. Hal ini menjadikan kami semakin merasa senang dan menjadi tidak sabar ingin sesegera mungkin naik menuju puncak Bantir Hills.

Sepanjang perjalan, kami ditemani jalan-jalan tanah berbatu. Menurut keterangan warga sekitar jalan ini juga dijadikan jalan untuk mengangkut hasil pertanian, karena di sepanjang area Bantir Hills mayoritas masyarakat adalah petani sayur-sayuran, bunga-bunga mawar, dan buah-buahan. Hamparan pertanian warga yang ada pun terlihat begitu indah karena tertata dan berjajar-jajar begitu rapi, yang terkesan tengah berbaris-baris.

Akses jalan menuju objek wisata Bantir Hills
Kami pun berjalan pelan, sambil mengabadikan momen indah ini. Saking asiknya, tidak sadar kami telah sampai di gerbang pembayaran tiket masuk. Agar bisa melanjutkan perjalanan, pengunjung cukup dikenai biaya Rp 5.000 rupiah perorangnya. Di gerbang ini pula desain bangunan yang ada terlihat begitu khas ala pedesaan, karena desainnya dibuat dari bahan bambu-bambu dan beratapkan daun-daun, yang menjadikan seeakan-akan pengunjung tengah berada di desa.

Dari gerbang inilah perjalanan ke puncak Bantir Hills terasa baru saja dimulai, karena jalan yang ada terlihat begitu panjang dan jauh. Agar tidak merasa lelah, kami mengisinya dengan bercanda dan sesekali sambil mengambil gambar. Tidak butuh waktu lama akhirnya kami sampai disalah satu spot foto yang telah disediakan. Terdapat spot gardu pandang dan biground foto yang berbentuk 'hati'. Bagi yang datang berpasangan tentu spot pertama ini cocok bagi mereka yang kasmaran, ditambah suguhan pemandangan indah akan menjadikan merasa betah berlama-lama.

Salah satu spot gardu pandang di Bantir Hills
Setelah mengambil beberapa gambar, perjalanan lantas kami lanjutkan. Tak jauh dari spot pertama kami pun sampai di spot foto kedua, terdapat kembali spot gardu pandang yang berada tepat di bibir jurang. Di spot ini terdapat pula berbagai spot foto menarik yang bisa dijumpai, mulai dari gardu pandang yang berada di atas pohon-pohon, tulisan-tulisan yang unik-unik yang siap membuat baper dan ragam spot menarik lainnya.

Spot foto keren bagi kamu yang lagi kasmaran
Di kawasan ini pun sangat cocok jika dijadikan tempat untuk camping, karena lokasinya yang datar dan berada diantara pohon-pohon pinus khas di gunung-gunung. Pemandangannya pun sangat indah, dari sini pengunjung bisa menikmati cahaya emas sun set yang begitu menentramkan hati.

Ketika sudah sampai di spot ini, puncak Bantir Hills sudah tidak jauh lagi. Hanya butuh beberapa menit saja kami telah sampai di puncak, tepat berada di tulisan 'Bantir Hills' yang berukuran sangat besar, mirip tulisan 'Holliwood' di Amerika Serikat. Dari puncak inilah rasa lelah dan haus kami terbayar sudah, karena pemandangan yang ada benar-benar menjadikan hati dan tubuh menjadi merasa tenang, senang, dan kembali bugar.

Puncak Bantir Hills
Bantir Hills sendiri berada di lereng Gunung Ungaran, puncak Bantir berada di ketinggian 1000 mdpl. Suhu disekitar berkisar antara 15-25 0C. Dari puncak bisa terlihat jelas berdiri megahnya Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Andong, Sumbing, Sindoro, Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, dan bukit-bukit lainnya yang sangat menawan. Dari puncak pula pengunjung bisa melihat pemukiman warga Desa Losari.

Salah satu spot di Bantir Hills

Jika ditotal, jarak tempuh yang diperlukan dari tempat parkir kendaraan hingga puncak Bantir Hills hanya dibutuhkan waktu 20-30 menit saja. Agar anda tidak percuma datang jauh-jauh, Bantir Hills buka mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB, jika anda ingin bercamping anda harus melakukan izin terlebih dahulu untuk keamanan bersama dan menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan.

Spot gardu pandang di Bantir Hills

Tips Wisata 

Jika anda memutuskan untuk menuju puncak Bantir Hills, tidak ada salahnya membawa bekal air minum dan camilan, karena di sepanjang perjalanan anda tidak akan menemukan penjual, kebanyakan penjual hanya berdagang di hari-hari libur. Saat musim hujan, siapkan pula jas hujan agar anda tidak kehujanan, karena cuaca sewaktu-waktu bisa berubah kapan saja. 

(Sj/rkn)

No comments

Post a Comment

Home