Mantan Wali Kota Salatiga Ditemukan Meninggal di LP Kedungpane

Foto John Manoppo

Semarang, SobatJateng - Senin (31/7) pagi penghuni Lapas Kelas I A Kedungpane, Mijen Semarang dibuat kaget lantaran menemukan Wali Kota Salatiga periode 2007-2011, John Manoppo dalam kondisi meninggal dunia di dalam sel tahanannya.

Kepala Lapas Kelas I A Kedungpane, Taufiqurrahman mengatakan jasad John Manoppo ditemukan telah tak bernyawa oleh beberapa narapidana setempat pada pagi tadi. “Beliau meninggal dunia karena sakit diabetes. Lagipula usianya memang sudah menua sekitar 70 tahun,” kata Taufiq saat dihubungi, Senin (31/7).

Saat ini jasad John Manoppo masih berada di dalam lapas, karena menunggu dokter Lapas Kedungpane melakukan pemeriksaan lanjutan guna mengetahui penyebab lain dibalik meninggalnya John di dalam lapas.

“Dokter lapas masih memeriksa tubuh jenazah di ruang medis lapas. Saya sedang rapat Kanwil Kemenkumham dan segera meluncur ke sana,” ungkapnya lagi.

John Manoppo merupakan narapidana tindak pidana korupsi yang menjalani hukuman berlapis di Lapas Kedungpane. Semasa hidupnya, John terlibat korupsi Jalur Lingkar Selatan (JLS) Salatiga yang menyeretnya ke dalam penjara.

Vonis hakim diketuk pada 2013 silam. John dijerat Pasal 2 junto Pasal 18 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan kerugian negara Rp 12 Miliar.  (Sj/z)

No comments

Post a Comment

Home